Category Archives: Pedoman untuk taruna

Menulis

Menulis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh taruna. Menulis tugas akhir, artikel atau tulisan populer memerlukan konsep berfikir yang sistematis. Buku ini dapat menjadi bacaan awal untuk melakukan penulisan.

Menulis, juga didasari oleh pengetahuan yang sebelumnya telah dimiliki. Jika pengetahuan atau informasi tersebut sebelumnya dicetuskan oleh orang lain, maka kewajiban kita untuk menuliskan sumbernya.

Tidak mencantumkan sumber, dapat dikaterikan sebagai tindakan plagiat. Tindakan plagiat ini hendaknya dijauhi oleh taruna, agar hasil karya tulisnya dapat mencerminkan kualitas diri pribadi.

Mencari dan Mengelola Informasi

Mencari Informasi

Dalam kegiatan sehari-hari taruna, tidak dapat dilepaskan dari kegiatan menambah informasi untuk meningkatkan pengetahuan. Informasi dapat diperoleh dari perpustakaan, berdiskusi, jejaring internet dan sumber lainnya.

Pada web ini (kanan bawah) telah tertulis berbagai alamat sumber informasi terbuka (open-access). Selain melalui sumber-sumber tersebut, taruna dapat memanfaatkan mesin pencari untuk melakukan pencarian.

Informasi yang kita peroleh, harus kita cek kebenarannya sebelum kita gunakan. Pemeriksaan dapat dilakukan melalui beberapa kriteria:

  1. Authority
  2. Reliability
  3. Currency
  4. Completeness
  5. Relevancy

lebih lanjut, silakan baca berbagai pedoman literasi informasi, misalnya: klik.

Mengelola Informasi

Informasi yang diperoleh taruna, baik dari buku, artikel, atau bentuk lain perlu dikelola. Pengelolaan yang baik akan berdampak pada mudahnya pencarian jika diperlukan kembali.

Taruna dapat menggunakan beberapa perangkat pengelolaan data riset, misalnya Mendeley atau Zotero.